Mindful Eating! Salah Satu Kunci Sehat.

Perut Anda sering bermasalah? Nah! Sudah coba mindful eating belum? Yuk, kita bahas cara makan yang bisa bikin sehat dan bahagia! Ini adalah praktik makan sadar yang sedang populer dan telah diuji lewat penelitian di Yunani, yang ternyata berhubungan juga dengan adab makan dalam islam anjuran Rasulullah,  yang bisa jadi kunci kebugaran. Penasaran? Yuk, simak!

1. Apa Itu Mindful Eating Ala Yunani?

Tidak hanya jadi tren, mindful eating ternyata beneran bisa berdampak positif untuk kesehatan. Ada dua alat ukur, Mindful Eating Behaviour Scale dan Mindful Eating Scale, yang sudah diuji keakuratannya di Yunani. Ini bukan hanya soal gimana caranya makan, tapi juga cara menghadapi stres makan dan membuat hubungan kita dengan makanan lebih baik.

2. Cara Praktis Menerapkan Mindful Eating.

Gimana sih cara mindful eating? Nah, ini dia triknya. Bayangkan, makan dengan menikmati setiap suapan, memperhatikan rasa makanan, dan benar-benar merasakan kenyangnya. Tidak hanya untuk kesehatan, tapi bisa sangat membantu untuk mengurangi makan dengan emosi atau tergesa-gesa membuat makanan tidak tercerna dengan maksimal.

3. Adab Makan.

Sejak dulu, Nabi Muhammad SAW sudah mengajarkan cara makan yang benar. Ada Sunah makan yang ternyata berhubungan sekali dengan konsep mindful eating. Dimulai dari sebelum makan dianjurkan untuk berdoa dan bersyukur. Hingga ke proses mengunyah. Semua langkah ini ternyata punya dampak positif buat kesehatan, lho.

4. ‘Tadabur’ atau Nikmatin Setiap Suapan.

‘Tadabur,’ dalam arti menikmati setiap proses makan. Artinya, kita benar-benar menyadari setiap detail dari makanan yang masuk ke mulut. Misalnya, mengunyah dengan seksama tidak tergesa-gesa, memastikan makanan sudah tercampur dengan baik dengan air liur sebelum selanjutnya masuk kedalam proses pencernaan. Ini bisa jadi langkah pertama untuk menciptakan hubungan yang lebih baik antara tubuh dan makanan.

5. Efek Makan Tanpa Sadar.

Nah, ini nih yang tidak boleh dilewatkan! Kalo kita makan tanpa sadar, seperti yang sering diketahui dari hasil penelitian, bisa ngebuat masalah kesehatan, seperti makan tidak fokus (sambil menonton televisi ataupun bermain gadget), makan berlebihan, stres makan, sampe craving yang berlebihan.

Jadi, dengan menghubungkan antara adab makan anjuran Rasulullah dengan mindful eating, bisa menjadi kunci untuk hidup sehat dan bahagia. Tidak hanya jadi rutinitas atau kebutuhan, makan bisa jadi pengalaman yang benar-benar kita nikmati. Jadi, mulai sekarang, yuk praktekin makan dengan penuh kesadaran!

Referensi :

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Take a test
Take charge of your well-being by scheduling an advanced cancer screening test using our state-of-the-art Cancer Differentiation Analysis (CDA) technology.